Tuntunan Rukun Sholat

Sholat adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam yang harus dilakukan setiap hari. Akan tetapi, agar sholat dapat diterima oleh Allah SWT, maka selama sholat harus menjalankan sejumlah rukun-rukun yang harus dipenuhi agar nantinya sholat bisa diterima. Apabila umat Muslim sholatnya bagus, maka sia aka naman dan selamat, namun bagi umat Muslim yang tidak menyempurnakan sholatnya maka akan merugi.

Untuk beberapa rukun sholat yang harus dikerjakan adalah menetapkan niat yang pertama kali untuk setiap sholat wajib yang akan dilakukan. Kemudian takbiratul ihram, lalu qiyam atau berdiri tegak apabila seseorang memiliki kemampuan untuk melakukannya. Lalu, membaca Surat Al-Fatihah, melaksanakan rukuk, Iā€™tidal atau bangkit dari rukuk, kemudian sujud. Setelah sujud kemudian duduk di antara dua sujud.

Kemudian, duduk sambil membaca tasyahud akhir, As-Salatu ibhrahimiya setelah tasyahud dan salam. Selama melaksanakan ibadah sholat, sangat penting bagi semua orang untuk memastikan bahwa tubuh berada di posisi yang tepat dengan berdiri tegak menghadap kiblat. Nabi Muhammad juga mengajarkan sholat kepada seluruh umatnya untuk mengerjakannya secara khusyu. Untuk sholat sunnah yang dilakukan adalah sholat sunnah 2 rakaat sebelum fajar, 4 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat setelah dzuhur, 2 rakaat setelah magrib dan juga 2 rakaat setelah isya. Sehingga nantinya total semuanya menjadi 12 rakaat. Itulah rukun-rukun sholat yang harus dikerjakan agar nantinya sholat dapat diterima oleh Allah SWT.