Yuk Shalat Dhuha!

Ada banyak sekali amalan yang bisa Anda lakukan selain melaksanakan ibadah wajib seperti sholat lima waktu. Salah satu amalan tambahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan melaksanakan ibadah sholat sunnah. Salah satu shalat sunnah yang populer antara lain shalat tahajud dan shalat dhuha. Kedua sholat ini mempunyai aturan yang berbeda.

Untuk sholat tahajud sendiri dilaksanakan di sepertiga malam antara jam 1 hingga jam 3 dini hari. Namun perlu Anda ketahui bahwa dalam melaksanakan sholat dhuha, Anda harus tidur terlebih dahulu baru kemudian Anda bangun dan beribadah sholat tahajud. Tentu bagi sebagian orang akan merasa keberatan untuk melakukan sholat tahajud.

Bagaimana tidak? Anda sudah tertidur pulas di malam sebelumnya lalu Anda akan bangun pada dini hari untuk melaksanakan sholat sunnah yang satu ini. Tidak semua orang bisa bangun pada waktu sepertiga malam. Selain bangun pada dini hari, tidak semua orang mau merasakan dinginnya air pada jam tersebut saat hendak wudhu.

Jika Anda juga tidak sanggup melaksanakan shalat tahajud, maka ada alternatif sholat sunnah lain yang bisa Anda lakukan yaitu shalat dhuha! Perbedaan dari sholat tahajud dan sholat dhuha adalah waktu pelaksanaannya. Jika sholat dhuha dilaksanakan pada mala hari, maka sholat dhuha justru kebalikannya. Anda bisa melaksanakan sholat dhuha pada pagi hari.

Jika Anda bertanya sholat dhuha sampai jam berapa? Maka jawabannya adalah sampai sebelum adzan dzuhur. Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang bisa Anda lakukan di pagi hari mulai dari matahari terbit hingga menjelang adzan dzuhur. Sholat ini tentunya lebih mudah dilaksanakan karena Anda tidak perlu tidur terlebih dahulu.

Setelah Anda sholat subuh di pagi hari, Anda akan bersiap-siap untuk melaksanakan kegiatan Anda sehari-hari seperti bekerja, sekolah, atau mengurus rumah tangga. Memang pada jam setelah subuh sudah banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan seperti mandi, sarapan, lalu bersiap-siap untuk menuju kantor atau sekolah, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya.

Karena sholat dhuha bisa dilaksanakan setelah matahari terbit, maka Anda bisa mempersiapkan diri untuk melaksanakan sholat dhuha sembari mempersiapkan diri untuk kegiatan lainnya. Misalnya jika Anda hendak bersiap-siap pada jam 6 pagi, maka setelah mandi atau sebelum berangkat kerja dan sekola, Anda bisa melaksanakan sholat dhuha terlebih dahulu.

Sholat dhuha sampai jam berapa? Anda bisa melaksanakannya sebelum jam 2 siang atau sebelum adzan dzuhur. Jika Anda tidak sempat mengerjakan sholat dhuha di rumah, maka Anda bisa melakukannya di kantor atau sekolah. Mungkin bisa dilakukan antara jam 9 hingga jam 11 siang. Tentunya dalam beraktivitas di pagi hari pun Anda akan beristirahat sejenak.

Pada saat jeda inilah maka Anda bisa melakukan sholat dhuha. Bagi pelajar ataupun mahasiswa juga bisa melaksanakan sholat dhuha sembari menunggu jadwal kelas berikutnya. Untuk ibu rumah tangga pun juga bisa beribadah sholat dhuha setelah semua pekerjaan rumah selesai dimana biasanya dilaksanakan pada pagi hari mulai dari jam adzan subuh.

Setelah pasangan pergi bekerja dan anak-anak sudah berangkat sekolah, seorang ibu rumah tangga bisa melaksanakan sholat dhuha dengan lebih tenang dan fokus. Setelah itu Anda bisa melanjutkan kegiatan Anda. Cukup dengan meluangkan waktu sekitar 10 menit untuk melaksanakan sholat sunnah yang satu ini.

Dengan melaksanakan sholat dhuha maka pahala Anda semakin bertambah dan Anda semakin disayang pula oleh Allah.